Visi Misi SIH
Visi Misi SIH



Visi
Visi
Visi
Membangun generasi berkarakter dan berwawasan berlandaskan nilai-nilai Islam
Misi
Misi
Misi
Menanamkan aqidah dan akhlak mulia berlandaskan Al-Quran dan Hadits
Membiasakan untuk menjalankan syariat islam secara istiqomah
Menyelenggarakan layanan pendidikan holistik integratif
Memfasilitasi kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahap perkembangan, minat dan potensi anak
1. Menanamkan aqidah dan akhlak mulia berlandaskan Al-Quran dan Hadits
2. Membiasakan untuk menjalankan syariat islam secara istiqomah
3. Menyelenggarakan layanan pendidikan holistik integratif
4. Memfasilitasi kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahap perkembangan, minat dan potensi anak
Tujuan
Tujuan
Tujuan
Mewujudkan anak yang berperilaku islami, beraqidah kuat dan berakhlak mulia
Mewujudkan anak yang berperilaku bersih dan sehat
Menciptakan iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan dan perlindungan anak
Berpikir, bersikap, dan berbahasa positif
Bersungguh-sungguh
Bertanggung jawab
Peduli, berani, kreatif, mandiri, sederhana dan ikhlas
"Berkarakter,
berbagi, berani"
"Berkarakter,
berbagi, berani"
"Berkarakter,
berbagi, berani"
Sejarah
Sekolah SIH
Sejarah
Sekolah SIH
Sejarah
Sekolah SIH
Sekolah Islam hobihobi (SIH) terbentuk dan terinspirasi dari tempat wisata hobihobi yang banyak dikunjungi oleh keluarga dan memiliki anak usia dini.
Sekolah Islam hobihobi (SIH) terbentuk dan terinspirasi dari tempat wisata hobihobi yang banyak dikunjungi oleh keluarga dan memiliki anak usia dini.
2003
2003
2003
Kami mulai menerima siswa/i baru untuk tahun ajaran 2003 – 2004 dengan nama sekolah Playgroup and Kindergarten hobihobi yang terbagi menjadi 2 sistem yaitu Sistem Reguler dan Sistem Full Day, dibawah naungan Yayasan Bina Area Mandiri.
Dalam perjalanannya untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan pendidikan anak, kami selalu melakukan observasi di beberapa tempat dan melakukan studi banding di beberapa sekolah yang memiliki dan menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.
Kami mulai menerima siswa/i baru untuk tahun ajaran 2003 – 2004 dengan nama sekolah Playgroup and Kindergarten hobihobi yang terbagi menjadi 2 sistem yaitu Sistem Reguler dan Sistem Full Day, dibawah naungan Yayasan Bina Area Mandiri.
Dalam perjalanannya untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan pendidikan anak, kami selalu melakukan observasi di beberapa tempat dan melakukan studi banding di beberapa sekolah yang memiliki dan menerapkan metode atau model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.
2006 - 2007
2006 - 2007
2006 - 2007
Diterapkan model pembelajaran Active Learning yaitu model pembelajaran bermain yang menyenangkan bagi anak atau model pembelajaran ini dilakukan melalui 2 (dua) arah antar anak dan guru, anak eksploratif berkegiatan.
Diterapkan model pembelajaran Active Learning yaitu model pembelajaran bermain yang menyenangkan bagi anak atau model pembelajaran ini dilakukan melalui 2 (dua) arah antar anak dan guru, anak eksploratif berkegiatan.
2007 - 2008
2007 - 2008
2007 - 2008
Sistem Full Day ditiadakan. Saat tahun ajaran tersebut telah di fasilitasi kegiatan Akselerasi (bakat & minat) dan kegiatan lain seperti Renang, Outbond, Menari, Pianika, Menggambar Mewarnai, Menyanyi dan mulai diterapkan bidang studi, seperti Art & Craft, Bahasa Inggris, Science, Sosial Emosi, dan pengenalan Komputer.
Sistem Full Day ditiadakan. Saat tahun ajaran tersebut telah di fasilitasi kegiatan Akselerasi (bakat & minat) dan kegiatan lain seperti Renang, Outbond, Menari, Pianika, Menggambar Mewarnai, Menyanyi dan mulai diterapkan bidang studi, seperti Art & Craft, Bahasa Inggris, Science, Sosial Emosi, dan pengenalan Komputer.
2010 – 2012
2010 – 2012
2010 – 2012
Kami terus melakukan observasi dan penguatan SDM mengenai model pembelajaran untuk anak usia dini, dengan tujuan agar SIH dapat memberikan pendidikan yang terbaik untuk kemajuan dan perkembangan siswa/i yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.
2012 – 2013
2012 – 2013
2012 – 2013
Kami resmi menerapkan Model Pembelajaran Sentra yang mengadopsi dari BCCT (Beyond Center and Circle Time).
Model Pembelajaran Sentra telah melalui tahap penelitian selama 40 tahun di Florida USA oleh para pakar pendidikan atau pelopornya yaitu Pamela Phelps dan Laura L. Stannard dan telah dilaksanakan secara konsisten di beberapa negara di dunia.
2013
2013
2013
Kami terus mengembangkan SDM dan sarana untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pendidikan lanjutan anak usia dini (jenjang sekolah dasar) sesuai dengan metode sentra, maka pada tahun 2013–2014 kami membuka unit Sekolah Dasar.
Sekolah Islam hobihobi (SIH) terbentuk dan terinspirasi dari tempat wisata hobihobi yang banyak dikunjungi oleh keluarga dan memiliki anak usia dini.
Sentra – sentra yang dikembangkan di unit SD sebagai berikut
Sentra Sains
Sentra Matematika
Sentra Bahasa Indonesia
Sentra Seni
Sentra Drama (PPKn)
Sentra IMTAK
Sentra Balok
Sentra – sentra yang dikembangkan di unit SD sebagai berikut
Sentra Sains
Sentra Matematika
Sentra Bahasa Indonesia
Sentra Seni
Sentra Drama (PPKn)
Sentra IMTAK
Sentra Balok
2018
2018
2018
Ditahun ke 5 kami melakukak proses akreditasi oleh BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) Unit SD dengan nilai akreditasi 89, predikat B. Dilanjutkan proses akreditasi unit TK pada tahun 2019 dengan predikat A.
2020
2020
Pada tanggal 20 Februari 2020, PAUD HI (Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif), unit TK menjadi Sekolah Ramah Anak yang dideklarasikan di kantor Wali Kota Bekasi.
2021
2021
Unit SD SIH apresiasi oleh KEMENDIKBUDRISTEK-RI sebagai sekolah penggerak angkatan II pada tahun 2021. Juga sebagai sekolah yang mengimplementasikan neurosains terapan pendidikan memantapkan diri untuk menyelenggarakan layanan pendidikan ramah otak dan perkembangan sesuai tahapan dan usia.
2023
2023
Sekolah hobihobi menjadi Sekolah Islam hobihobi (SIH). Sebagai sekolah berbasis Agama Islam. yang memadukan nilai-nilai keislaman dalam keseharian kegiatan sesuai dengan Al-Qur'an dan sunnah, diwujudkan dengan kurikulum keislaman yang dibuat oleh departemen keislaman SIH. Nilai ini menjadi substansi pemikiran dan perlakuan guru dalam membersamai peserta didik.
Profil Guru SIH
Profil Guru SIH
Membina Generasi Kuat Bersama SIH
Membina Generasi Kuat Bersama SIH
Membina Generasi Kuat Bersama SIH
SIH senantiasa membuka pintu kepada insan yang memiliki antusiasme, rasa ingin tahu, keinginan belajar tinggi, dan siap untuk menghadirkan perubahan di tengah-tengah lingkungan mereka. Untuk informasi mengenai lowongan pekerjaan, program magang, dan informasi lain terkait Manajemen Sumber Daya Manusia, hubungi sekolahislamhobihobi@gmail.com
SIH senantiasa membuka pintu kepada insan yang memiliki antusiasme, rasa ingin tahu, keinginan belajar tinggi, dan siap untuk menghadirkan perubahan di tengah-tengah lingkungan mereka. Untuk informasi mengenai lowongan pekerjaan, program magang, dan informasi lain terkait Manajemen Sumber Daya Manusia, hubungi sekolahislamhobihobi@gmail.com
Sistem Sentra
Sistem sentra digunakan SIH sejak tahun 2012, dimana model pembelajaran ini berfokus pada perkembangan peserta didik sesuai dengan usianya. Kegiatan pembelajarannya yaitu belajar melalui bermain. Peserta didik akan dibiasakan sepakat dengan aturan sebelum bermain sehingga sebelum kegiatan dimulai, guru akan melakukan circle time guna membuat kesepakatan main sehingga peserta didik akan belajar bertanggung jawab dengan kesepakatan yang dibuat dan guru mengingatkan peserta didik apabila bermain tidak sesuai aturan dan kesepakatan.
Sentra bahan alam
Peserta didik akan banyak bermain sensorimotor guna untuk memperkuat kekuatan jari-jari tangannya guna persiapan menulisnya.
Sentra Peran
Peserta didik akan bermain peran sesuai skenario yang sudah disiapkan guru, hal ini berguna untuk kecakapan peserta didik saat berinteraksi dengan teman dan guru sehingga dapat memperbanyak perbendaharaan katanya. Peserta didik juga belajar memainkan perannya, terkadang akan muncul luapan emosi peserta didik ketika memainkan perannya.
Sentra balok
Peserta didik akan bermain menyusun balok, dikenalkan menyusun dengan simetris dan presisi, mengetahui letak bangunan, batasan area membangun, dan memunculkan kemampuan berhitung matematikanya dengan bantuan benda langsung sehingga peserta didik akan mengetahui secara konkrit saat menghitung.
Sentra persiapan
Peserta didik diajarkan membaca menulis dan berhitung dengan benda langsung dan sesuai tahapannya, guru akan mengobservasi apakah peserta didik sudah siap untuk diajarkan keaksaraan atau belum sehingga ketika peserta didik sudah siap makan maka akan lebih bermakna belajar membaca dan menulisnya.
Sentra imtaq
Peserta didik diajarkan tentang keislaman, banyak cerita-cerita keislaman yang akan muncul di sentra ini.
Sentra seni
Peserta didik diajarkan membuat karya seni sesuai dengan imajinasi mereka, karya seni yang akan dibuat disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan usia peserta didik.
Sistem Sentra
Sistem sentra digunakan SIH sejak tahun 2012, dimana model pembelajaran ini berfokus pada perkembangan peserta didik sesuai dengan usianya. Kegiatan pembelajarannya yaitu belajar melalui bermain. Peserta didik akan dibiasakan sepakat dengan aturan sebelum bermain sehingga sebelum kegiatan dimulai, guru akan melakukan circle time guna membuat kesepakatan main sehingga peserta didik akan belajar bertanggung jawab dengan kesepakatan yang dibuat dan guru mengingatkan peserta didik apabila bermain tidak sesuai aturan dan kesepakatan.
Sentra bahan alam
Peserta didik akan banyak bermain sensorimotor guna untuk memperkuat kekuatan jari-jari tangannya guna persiapan menulisnya.
Sentra Peran
Peserta didik akan bermain peran sesuai skenario yang sudah disiapkan guru, hal ini berguna untuk kecakapan peserta didik saat berinteraksi dengan teman dan guru sehingga dapat memperbanyak perbendaharaan katanya. Peserta didik juga belajar memainkan perannya, terkadang akan muncul luapan emosi peserta didik ketika memainkan perannya.
Sentra balok
Peserta didik akan bermain menyusun balok, dikenalkan menyusun dengan simetris dan presisi, mengetahui letak bangunan, batasan area membangun, dan memunculkan kemampuan berhitung matematikanya dengan bantuan benda langsung sehingga peserta didik akan mengetahui secara konkrit saat menghitung.
Sentra persiapan
Peserta didik diajarkan membaca menulis dan berhitung dengan benda langsung dan sesuai tahapannya, guru akan mengobservasi apakah peserta didik sudah siap untuk diajarkan keaksaraan atau belum sehingga ketika peserta didik sudah siap makan maka akan lebih bermakna belajar membaca dan menulisnya.
Sentra imtaq
Peserta didik diajarkan tentang keislaman, banyak cerita-cerita keislaman yang akan muncul di sentra ini.
Sentra seni
Peserta didik diajarkan membuat karya seni sesuai dengan imajinasi mereka, karya seni yang akan dibuat disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan usia peserta didik.
Yuk buat cerita bersama Sekolah Islam hobihobi
Temukan kegembiraan dalam belajar, bersosialisasi, menerapkan karakter islam, dan berbagi kebaikan.
Fasilitas SIH
Fasilitas SIH
Fasilitas SIH

2019
Baby House

2019
Baby House

2019
Baby House

2019
Baby House

2019
Baby House

2019
Baby House

2019
Baby House
Month, 2023

2019
Baby House
Month, 2023

2019
Baby House
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
PG/TK
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
SD
Month, 2023

2019
Mobil Jemputan
Month, 2023

2019
Mobil Jemputan
Month, 2023

2019
Mobil Jemputan
Month, 2023

2019
Lapangan
Month, 2023

2019
Lapangan
Month, 2023

2019
Lapangan
Month, 2023

2019
Lapangan

2019
Lapangan

2019
Lapangan
Yuk buat cerita bersama Sekolah Islam hobihobi
Yuk buat cerita bersama
Sekolah Islam hobihobi
Temukan kegembiraan dalam belajar, bersosialisasi, menerapkan karakter islam, dan berbagi kebaikan.
2020
Pada tanggal 20 Februari 2020, PAUD HI (Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif), unit TK menjadi Sekolah Ramah Anak yang dideklarasikan di kantor Wali Kota Bekasi.
2021
Unit SD apresiasi oleh KEMENDIKBUDRISTEK-RI sebagai sekolah penggerak angkatan II pada tahun 2021. Juga sebagai sekolah yang mengimplementasikan neurosains terapan pendidikan memantapkan diri untuk menyelenggarakan layanan pendidikan ramah otak dan perkembangan sesuai tahapan dan usia.
2023
Sekolah hobihobi menjadi Sekolah Islam hobihobi (SIH). Sebagai sekolah berbasis Agama Islam. yang memadukan nilai-nilai keislaman dalam keseharian kegiatan sesuai dengan Al-Qur'an dan sunnah, diwujudkan dengan kurikulum keislaman yang dibuat oleh departemen keislaman SIH. Nilai ini menjadi substansi pemikiran dan perlakuan guru dalam membersamai peserta didik.